Jumat, 04 April 2014

Partisi

Mengakali Rumah yang Sempit

Oleh Kevin


Untuk mengakali rumah dengan lahan terbatas, partisi bisa menjadi salah satu solusi. Selain berfungsi sebagi pembatas nonpermanent, partisi juga membantu anda menghias rumah. Nah, berikut ini beberapa jenis partisi berdasarkan ragam materialnya.

Pertama, partisi yang terbuat dari kayu. Jenis partisi ini bisa di desain dengan konsep lemari geser, lemari televise, atau rak pajangan. Keuntungan dari partisi dengan material kayu adalah dapat dipadukan dengan bahan lain, seperti batu, akrilik, dan besi.

Kedua, adalah partisi yang terbuat dari kain tenun. Partisi ini termasuk jenis partisi semitransparan karena secara fisik ruang gerak dibatasi, tetapi hubungan audio dan visual masih bisa terjadi. Partisi berbahan kain tenun bisa menjadi pembats sekaligus aksesori interior.

Ketiga, adalah partisi yang terbuat dari kaca. Partisi jenis ini biasa digunakan di ruangan khusus, seperti kamar mandi atau ruangan yang berunsur modern. Salah satu keuntungan partisi jenis ini adalah mudah dibersihkan.

Keempat, adalah partisi yang terbuat dari bahan alami. Seiring dengan perkembangan arsitektur, bahan-bahan alami, seperti bamboo, akar-akaran, atau ranting kerap kali digunakan sebagai bahan partisi. Selain berfungsi sebagai pembatas ruang gerak, partisi jenis ini lebih besifat artistic. Bahan ini juga sering dipakai untuk mengimbangi unsur modern yang terkesan kaku.

Kelima, adalah partisi yang terbuat dari tanaman. Partisi jenis ini dipilih mereka yang ingin menciptakan kesan natural dalam ruangan . untuk memudahkan, pilihlah tanaman yang tak perlu banyak perawatan, misalnya tanaman yang tumbuh pada bebatuan atau pasir.

Keenam, adala hpartisi yangterbuat dari rotan. Rotan adalah material yang kuat dan sama menariknya dengan kayu. Material rotan sangat mudah dibentuk. Jika finishing nya dilakukan dengan tepat, tkestur bahan rotan akan tampak terlihat indah. Partisi rotan banyak dibuat sebagai industry rumahan dadn banyak dijual dengna harga relatif murah.

Ketujuh, adalah partisi yang terbuat dari besi dan gypsum. Tak hanya berfungsi sebagai pagar, jika didesain dengan gaya yang menarik, besi juga bisa dijadikan partisi interior. Selain itu, gypsum bisa menjadi pilihan karena mudah dipasang dan dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar