Jumat, 27 Mei 2011

Ciptakan Kamar Mandi Kering

Kamar Mandi Kering

oleh Kevin


KAMAR MANDI merupakan bagian rumah yang perlu perawatan lebih cermat dibandingkan bagian lainnya. Pasalnya, kamar mandi kondisinya lembab dan kelelembaban rentan menimbulkan banyak masalah. Tumbuhnya jamur, bakteri, dan noda merupakan salah satunya. Untuk mencegah hal ini, dan meminimalkan perawatan, kamar mandi sebaiknya dibuat kering.

Kamar mandi yang kering dapat dicapai dengan berbagai jalan. Sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang memadai akan membuat kelembapan segera pergi. Karena itu, bukaan diperlukan dalam jumlah cukup. Disamping itu, saat merenovasi kamar mandi, pemilihan material dan perangkat yang ada di dalamnya juga berpengaruh. Berikut penjelasannya.
* Pilih Material
Lantai, dinding, sampai plafon pada kamar mandi merupakan tempat dimana kotoran berkumpul. Karena itu pilihlan material yang berpori-pori kecil dan halus. Keramik atau kaca memiliki pori-pori yang rapat sehingga mudah dibersihkan. Namun, yang harus diperhatikan, lantai jangan terbuat dari material yang licin, karena akan membahayakan. Pilihlah material lantai yag kasar tetapi berpori-pori rapat seperti keramik bertekstur atau batu kali.

* Model Sanitari
Saat ini dipasaran banyak beredar berbagai alat sanitari. Jika ingin kamar mandi yang minim perawatan, saat renovasi pilihlah sanitari dengan model yang paling sederhana. Banyaknya variasi bentuk dan lekukan pada alat sanitari akan menyulitkan pembersihan dan berpotensi menyimpan kuman. Misalnya, tanpa ukiran, kotoran yang mengendap pun akan berkurang.

* Minimalkan Sudut
Saat dibersihkan, bagian sudut merupakan bagian yang paling sulit dijangkau. Kotoran, debu, dan noda bekas sabun mandi akan cenderung berkumpul di area ini. Kuman pun akan berkembang biak dengan subur di tempat berkumpulnya kotoran. Karena itu, agar perawatannya mudah, usahakan kamar mandi dibuat dengan sesedikit mungkin sudut, dengan cara menata peralatan secara efisien. Saat renovasi, pertemuan lanatai dan dinding pun dapat dibuat lengkung agar semua bagian mudah dipel.

Informasi lebih lanjut. Silahkan menghubungi http://ornamenlandscape.blogspot.com atau Please check out my other guide on http://ornamenlandscape.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar