Senin, 11 April 2011

Property | kamar mandi

Nyaman di kamar mandi mungil

Oleh Kevin

Karena keterbatasan tempat, area kamar mandi kerap kali dikorbankan. Hanya diberi sisa ruang yang tak seberapa luas, tetapi harus mampu menjawab kebutuhan harian penghuninya.

Meski mungi, bukan berarti area ini jauh dari kenyamanan. Justru, hal ini harus diupayakan dengan maksimal, mengingat setiap harinya tak sebentar waktu yang dihabiskan di dalamnya.

Yang utama adalah menentukan lay out kamar mandi, baru kemudian mempercantiknya dengan konsep desain yang tepat. Untuk memaksimalkan ruangan, hilangkan bak mandi dan ganti dengan shower. Apabila sisa ruangan cukup besar, tak masalah menghadirkan wastafel, tetapi hal ini pun sifatnya tidak wajib.

Tentu saja, anda harus memperhitungkan ketersediaan rak untuk meletakkan berbagai keperluan mandi. Sebagai gantinya, bias menghgunakan lemari kecil yang dipasang tepat di bagian sudut dinding untuk menyimpan sikat gigi, pasta gigi, sampo, dan sabun. banyak yang menawarkan desain untuk mengisis bagian sudut ini dengan penutup yang apik sehingga tetap tampak rapi.

Bicara soal desain, gaya modern, minimalis, ataupun natural tetap dapat digunakan, tetapi sebaiknya dengan tetap menggunakan warna-warna terang agar memberi kesan ruang lebih lapang.

Cara lain untuk memberi efek serupa adala hdengan menggunakan lantai kamar mandi berukuran besar, sehingga jarak nat tak terlalu lebar, dan berwarna terang. Warna lantai yang serupa dengan warna dinding, mampu memberi kesan luas dan leluasa sekaligus dalam kamar mandi yang mungil.

Jika ingin menghadirkan kesan natural pun tak masalah, bias dengan menggunakan keramik bermotif batu alam yang memiliki permukaan kasar demi keamanan di kamar mandi. Berhubung warna lantai ini biasanya gelap, untuk mengimbanginya warna cat dinding harus terang. Demikian pula dengan warna perangkat kamar mandi, seperti wastafel, toilet, hingga lemari penyimpanan yang dihadirkan.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara, yang menjadi salah satu penentu kenyamanan anda di dalam kamar mandi. Apabila tak ada jendela yang layak untuk memenuhi kebutuhan, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan exhaust fan sehingga aliran udara lancer dan ruangan pun tidak pengap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar