Senin, 04 April 2011

Agar furniture kayu tahan lama

Ornament furniture by Kevin


Furniture kayu memiliki daya tarik tersendiri. Selain member aksen natural pada tata interior hunian. Furniture kayu juga memiliki daya tahan yang kokoh. Oleh karena itu, tidak aneh banyak orang menyukainya.

Apalagi jika ditambah motif ukir-ukiran. Wah perabot kayu anda mampu memikat tamu dengan menghadirkan kesan antic dan etnik.

Namun, di balik pesonanya, tak sedikit yang mengatakan bila perawatan furniture kayu susah dan menguras energy. Sebenarnya, tidak susah, asalkan anda rajin merawatnya. Inilah beberapa trik dan tips jitu namun sederhana untuk diaplikasikan:


1. Segera tangani bila terlanjur terkena jamur.

Sebelum kondisi kayu semakin cepat menjadi sarang jamur, segera bersihkan. Cukup gunakan lap basah dan sedikit sabun cair pencuci tangan. Lalu, jemur furniture di bawah sinar matahari langsung, hingga kayu benar-benar kering.

Namun bila jamur membandel, anda dapat membersihkan memakai cairan antijamur dengan mengelapnya langsung. Kemudian, oleskan cairan khusus antilapuk agar kayu tak mudah keropos.

Baru, sehabis itu pindahkan posisinya dari lantai yang terlalu lembab dan ruang kurang pencahayaan ke lokasi sesuai kategori yang telah disampaikan di awal. Pasti furniture kayu anda bebas dari ancaman jamur.


1. Perawatan rutin dan sederhana.

Rutinlah membersihkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan furniture anda, minimal seminggu sekali.

Sembari membersihkan ruangan, biasanya anda sekaligus membersihkan furniture. Perlu dicermati, untuk membasmi debu di furniture sebaiknya dilakukan awal, baru kemudian ruangan.

Cara paling cepat dan efektif menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner). Namun bila perangkat itu tidak ada. Anda dapat memakai kain lembut. Selain tidak menggores permukaan furniture, anda bisa membersihkan bagian yang sulit terjangkau. Khusus furniture dengan ukiran, gunakan kuas kecil atau sikat gigi bekas untuk membersihkan.

Bila terkena tumpahan sirup, minuman, atau noda makanan segera bersihkan dengan kain yang sedikit dibeeri air, gosokkan, dan lap kembali memakai lap bersih yang kering.

Ingin si kayu tampak mengkilap? Semprot atau poleskan cairan perawat meubel pad furniture yang telah dibersihkan. Kemudian ratakan ke segala sudut furniture anda dengan lap kain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar