Jumat, 01 April 2011

Pagar minimalis untuk pemanis hunian

oleh Kevin

Rumah bergaya modern minimalis kini memang tengah jadi idola. Desain yang sederhana, tetapi memancarkan keanggunan dan keinian menjadi tipikal rumah bergaya minimalis. Sering kali permasalahan yang tak jarang ditemui adalah menentukan jenis pagar yang tepat. Untuk rumah yang bergaya modern minimalis, hendaknya pagarnya pun bernuansa serupa.

Dari segi material, bahan yang biasanya digunakan adalah besi. Kelebihannya, besi dinilai kuat, bisa bersifat antikarat, mudah dibentuk, terjangkau, dan mudah dirawat. Untuk bahan pagar, anda bisa menggunakan besi cor, baja ringan, stainless, atau besi holoow. Kobinasi besi dengan dinding bata merupakan pilihan tepat untuk rumah mungil.


Selain besi, anda bisa menggunakan material kayu sebagai pagar. Pilihlah kayu yang keras, tahan cuaca, dan realtif aman dari serbuan rayap. Dengan desain yang sederhana, kayu dapat tampil dengan finishing cat, melamik, atau pelitur. Jika ingin tampil beda, anda juga bisa memadukan material kayu dan besi.

Bebatuan warna hitam akan memberikan kesan kuat dan elegan. Sementara itu, untuk menimbulkan kesan ringan, anda bisa menggunakan bebatuan warna putih atau krem. Jika ingin memunculkan kesan berat, anda bisa menggunakan unsur warna cokelat tua atau cokelat kopi.

Soal warna, sesuaikan warna pagar dengan warna cat tembok rumah. Namun, kebanyakan dipilih warna-warna netral, seperti hitam, abu-abu, metalik, atau cokelat, identitas pagar minimalis memang kental akan warna-warna yang netral dan model seperti garis-garis simetris, baik vertical maupun horizontal, ataupun kombinasi keduanya dengan minim ornament.

Pertimbangan lainnya dalah jarak antara rumah dan pagar. Sebaiknya, pagar tidak terlalu tinggi dan tertutup jika jarak antara rumah dan pagar terlalu dekat. Hal ini juga bertujuan agar rumah tetap mendapatkan curahan sinar matahari yang cukup setiap harinya.


Apabila rumah anda tergolong mungil, sebaiknya ukuran pagar tidak terlalu tinggi agar rumah tidak berkesan tenggelam. Sebalinya, jika rumah anda lebih dari satu lantai atau tergolong luas, anda bisa menggunakan pagar yang lebih besar dan tinggi.

Nah, dengan pemilihan bahan dan ukuran yang pas, rumah bergaya minimalis anda pun siap tampil manis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar