Selasa, 12 April 2011

Properti | Rumah dan Dinding

Kiat menutupi keretakan dinding

Oleh Kevin


Saat renovasi rumah selesai, kita sering kali harus berhadapan dengan hal-hal yang kurang berkenan. Entah karena pengerjaan yang kurang sempurna, atau pun luputnya pengawasan di lapangan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah retak pada dinding.


Masalah ini dapat terjadi karena pemelesteran dinding dilakukan saat pasangan bata dan adukannya belum kering benar. Perbedaan kadar kekeringan ini akan membuat dinding retak pada permukaannya. Di samping itu, komposisi adukan yang kruang tepat juga menjadi salah satu pemicu masalah keretakan dinding.


Pengelupasan cat dan pengecatan ulang dapat dilakukan. Akan tetapi, ini membutuhkan proses yang cukup memakan waktu dan biaya. Terdapat beberapa cara cepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.


aplikasikan cat bermotif pad dinding. Cat efek washed, ragged, atau efek lainnya akan menyamarkan retak-retak di dinding. Karean warnanya sendiri sengaja dibuat tidak rata, dinding bermotif dapat menjadi aksen yang menarik pad aruang. Yang harus diingatk jangan mengaplikasikan cat efek berwarna tua ke seluruh permukaan dinding, karena kaan membuat ruang tampak terlalu ramai dan penuh.

pasang wall paper pada dinding. Wallpaper akan menutup permukaan dinding dengan sempurna, sehingga retak-retak pun tidak tampak. Saat ini wallpaper tersedia dalam berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Jika ingin memasang wallpaper ke seluruh permukaan dinding, pilih warna dan motif kecil agar ruang tetap terasa lega.

Selamat menikmati didnidng yang tampil memukau dan terlihat baru, informasi lebih lanjut bisa log on di http://bilikbagus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar