Kamis, 05 Mei 2011

Green Living


Hijaukan Rumah Dengan Tanaman Rambat


oleh Kevin

Menanam tanaman merupakan salah satu cara menghijaukan lingkungan. Tanaman banyak jenisnya, mulai dari pepohonan, tanaman perdu, maupun tanaman merambat.

Tanaman yang terakhir disebut itu memiliki karakteristik khas, karena tumbuhnya merayap pada sebuah permukaan atau pagar rambatan.

Karena sifatnya tersebut, terdapat beberapa keuntungan yang dimilikinya yang dapat menambah asri lingkungan rumah. Beberapa di antaranya.

* Tanaman merambat dapat tumbuh rapat dan menjadi penutup atap pad pergola. Sehingga menghasilkan keteduhan yang alami. Suhu udara di bawah atap yang terbuat dari tanaman rambat jauh lebih sejuk dibandingkan area yang dianungi jenis material lain seperti genting atau polikarbonat. Ini karena daun-daun tanaman dapat menyerap panas matahari secara maksimal.

* Tanaman merambat dapat menghijaukan apa yang terbatas karean arah tumbuhnya dapat diatur, misalnya ke atas. Dengan begitu, tanaman merambat cocok ditanam untuk menghijaukan perumahan yang padat dan berlahan sempit. Tanaman ini juga sesuai ditanam sebagai penghijau di gedung-gedung tinggi.


* Tanaman rambat mampu neyerap debu yang beterbangan di udar berkat tekstur permukaan daun yang kasar. Beberapa jenis tanaman bahkan memiliki bulu-bulu halus yang membuat penyerapan debu menjadi lebih efektif. Ini membuat tanaman rambat dapat memperbaiki kualitas udara di dalam rumah, terutama yang teletak di tepi jalan besar.


* Mengurangi panas yang diterima bangunan melalui dinding juga menajdi manfaat lain tanaman rambat. Dinding yang dijalari tanaman merambat akan menerima panas matahari lebih sedikit, karean panas sudah terlebih dahulu diserap tanaman. Dengan begitu, suhu ruangan pun menjadi lebih sejuk.

Beberapa jenis tanaman merambat yang mudah dijumpai adalah dolar-doalaran (Ficus pumila, Ficus repens) dan Photos (Rhaphidophora celatocaulis). keduanya merambat rapat pada dinding. Sementara tanaman rambat yang dapat dijadikan penutup atap antara lain alamanda, passiflora, atau cangkir mas.

Informasi lebih lanjut bisa ditelusuri atau log on di http://ornamenlandscape.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar