Kamis, 14 April 2011

Mengoptimalkan fungsi ruang servis


Meski mungkin namanya kurang popular dibandingankan ruangan lain di dalam rumah, tetapi fungsi ruang servis amat penting untuk mendukung aktivitas setiap penghuni. Pasalnya, di ruangan itulah bermacam pekerjaan rumah tangga dilakukan seperti mencuci dan menyetrika.

Untuk mengoptimalkan fungsinya, kenyamanan di ruang servis tak dapat dipandang sebelah mata. Sebab, jika yang bekerja di ruang ini merasa tidak nyaman, hasil pekerjaan tidak akan optimal. Demikian halnya kebersihan dan kesehatan ruang yang jika lalai diperhatikan, bukan hal mustahil jika baju yang telah dicuci dan disetrika akan kembali dihinggapi bakteri dan kuman.

Oleh karena itu, mempertim bangkan luas ruangan menjadi langkah awal yang dapat dilakukan. Pastikan tangan dan kaki dapat bekerja dengan leluasa saat mencuci, menyetrika, dan kegiatan rumah tangga yang lain. Jika ruangan yang ada sekarang dirasakan terlalu sempit dan tidak memungkinkan untuk direnovasi, sebaiknya kurangi perabot yang ada di dalam ruangan tersebut.

Factor lain yang mempengaruhi kenyamanan di ruang servis adalah sirkulasi udara. Alasannya, kegiatan di ruang tersebut akan banyak mengeluarkan panas dan memicu udara lembab yang dapat menimbulkan jamur. Dengan mengatur bukaan yang cukup, misalnya dengan jendela dan lubang angin, udara akan tetap sejuk dan bebas dari kelembapan.

Hal lain adalah dengan memasukkan sinar matahari sebanyak-banyaknya. Bukan hanya untuk menerangi rungan, tapi sinar matahari juga dapat membuat ruangan bebas kuman. Jika cahaya dari jendela masih dirasakan kurang, intensita sinar matahari dapat ditambah dengan membuat penutup atap dari bahan yang transparan.

Terakhir, percantik ruang servis dengan warna cat yang apik, hiasan dinding, atau tanaman agar ruangan terasa lebih segar. Bila perlu dan memungkinkan, letakkan radio kecil untuk memberikan hiburan bagi mereka yang bekerja di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar