Senin, 04 April 2011

PROPERTI | Furnitur

Tilik Kekuatan Furnitur Kayu

By Kevin

Setiap orang setuju, jika unsur kayu member kesan hangat dan akrab dalam sebuah ruangan. Lewat warna cokelat alami dan teksturnya yang khas, furniture kayu terus dicari dan kini memiliki variasi desain yang beragam untuk desesuaikan dengan tern yang berlangsung. Tak heran jika kayu menjadi material utama untuk furniture mulai dari gaya klasik hingga modern.

Dewasa ini furniture kayu terbuat dari beberap jenis kayu. Kayu jati masih menajdi favorit hingga kini dan bisa digunakan untuk beragam desain. Kekuatannya yang mampu menembus zaman dan keindahan teksturnya menajddi hal utama bagi orang-orang yang memilih kayu jati, meski harus merogoh kocek yang dalam.

Selain kayu jati, kini terdapat alternative lain yaitu kayu mahoni yang juga relative kuat dan memikat hati banyak orang berkat serat kayunya yang terlihat lebih jelas dibandingkan kayu jati. Masing-masing jenis kayu tersebut memiliki penggemarnya tersendiri di pasa luar negeri. Untuk Amerika atau Inggris, misalnya, lebih menyukai kayu mahoni, sementara pasar Spanyol dan Belanda tetap menggemari kayu jati.


Di sisi lain, jenis kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan interior dan eksterior pun berbeda. Untuk eksterior, dibutuhkan kayu yang mampu menahan terpaan cuaca seperti hujan dan sinar matahri, serta tidak mudah lembab ataupun berjamur. Selain kayu jati, jenis redwood dan cedar mampu mengkomodasi kebutuhan tersebut. Kayu redwood dapat member sentuah tersendiri di taman atau teras dengan warna merahnya yang hangat, sementara jenis cedar akan member kesan lebih ringan dan lapang dengan warna terang.

Selain jenis-jensi kayu solid, kini juga bisa ditemui jenis kayu jenis MDF (medium density fibreboard) yang ringan dan memiliki harga terjangkau, biasanya digunakan untuk furniture knock-down. Jenis furniture knock-down ini member kenyamanan lebih karena mudah dipindah dan dirangkai. Namun, jenis kayu ini tidak memiliki ketahanan yang tinggi dan mudah terkena rayap maupun kelembabpan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan di area dapur atau area basah dan lembab lainnya. [HDG]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar