Senin, 18 Juli 2011

Properti | Kamar Mandi

Mendesain Kamar Mandi Yang Nyaman
oleh Kevin

Citra kamar mandi pada masa lalu di benak orang Indonesia pada umumnya adalah tempat yang basah, lembab, dan tentu bukan tempat yang bakal dipilih untuk berlama-lama di dalamnya. kini, bagian rumah yang umumnya terletak di belakang ini justru menjadi tempat yang penting dan didesain khusus agar orang merasa betah di dalamnya.



seiring dengan semangat go green, menghadirkan nuansa alam di dalam kamar mandi menjadi konsep yang sering digunakan, yang hal ini dapat dilakukan dengan membuat bukaan pada dinding kamar mandi menjadi agar ruangan ini terlihat lebih alami. akan tetapi, jangan lupa untuk memastikan bahwa bukaan tersebut bukan malah menjadi celah bagi orang lain untuk melihat ke dalam, karena bagaimana pun area ini adalah tempat yang sangat privat.

Untuk menambah kesah alami, optimalkan bukaan di beberapa tempat agar selain cahaya matahari dapat masuk, angin juga dapat berhembus ke dalam. di beberapa desain kamar mandi bahkan membiarkan sebagian atapnya terbuka, yang biasanya dijadikan area basah. Hal ini memberi sensasi seolah-olah mandi di tengah alam terbukan.


kalaupun ingin terlindungi dari hujan, bisa menggunakan kanopi dengan bahan teransparan, sehingga kesan terbuka tetap terasa, sinar matahari pun tetap masuk dengan leluasa.

Yang tak ketinggalan untuk mendukung konsep ini adalah penggunaan material kamar mandi. bahan-bahan alamai jelas menjadi pilihan utama. untuk lantai, misalnya, bisa menggunakan batu koral, sementara untuk dinding bisa batu alam yang diterapkan sebagai area basah. sebagai pemisah dengan area kering, dinding bisa divariasikan dengan cat putin biasa atau menggunakan batu bata yang diekspos.



Kalaupun ingin yang lebih mudah perawatannya bisa menggunakan jenis lantai keramik yang menggunakan motif bebatuan alam yang saat ini banyak dijumpai. sementara itu, jika tak terbiasa dengan pancuran air dan tetap ingin menghadirkan bak air, tak ada salahnya menggunakan guci besar yang terbuat dari tanah liat, sehingga kesan natural tetap terasa.



Terakhir, tambahkan tanaman ke dalam kamar mandi. gunakan tanaman dalam pot yang agak besar lalu letakkan di sudut-sudut ruang, sementara tanaman kecil dapat ditaruh di rak atau sekitar wastafel. akan tetapi, jangan lupa untuk memastikan kelangsungan hidup tanaman dengan memberi pasokan matahari dan air yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar