Jumat, 11 November 2011

Kunci Menata Ruang Mungil

Oleh Kevin

Jika sudah menyangkut menata ruang mungil, baik apartemen maupun rumah, umumnya dahi langsung berkerut. Sang penghuni harus pandai-pandai memutar otak untuk memaksimalkan area yang minim.

Yang sulit adalah menciptakan ruang sesuai kebutuhan, seperti living room, kamar tidur, dapur, dan area menonton televisi, sementara area amat terbatas. Kalau sudah begini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pembagian Ruang

Pembagian area sebaiknya dilakukan secara imajiner alias memanfaatkan efe visual. Tak perlu menggunakan pembatas ruang masif, karena hal ini membuat ruangan makin terlihat sempit.

Pembagi area itu bisa berupa kaca, ornamen dinding, ataupun furnitur dan soft furniture seperti karpet. Misalnya, pada area apartemen mungil, area duduk untuk menonton televisi umumnya juga menjadi tempat menerima tamu dan sebagai ruang utama. Ruangan tersebut bersebelahan dengan area dapur yang dapat dipisah cukup dengan menggunakan meja dapur. Agar ruangan terlihat lebih luas, guanakn kaca berukuran besar yang memenuhi dinding di area menonton televisi, sekaligus sebagai ‘penanda’ perbedaan area dapur dan menonton.

Furnitur

Perhatikan dengan baik ukuran furnitur yang digunakan, baik untu sofa, meja, kursi, maupun ornamen desain agar memiliki komposisi ukuran yang sesuai dengan luas area. Kerap kali kita harus berkomporomi dengan ukuran sofa. Tak bisa menggunakan 3 seater, misalnya, tetapi cukup dengan 2 seater lalu ditambahkan dua buah kursi di kir-kanannya.

Demikian pula dengan desain furnitur. Desain yang terlalu bulky atau penuh dengan ornamen akan membuat ruangan terlihat sempit dan penuh. Perlu diketahui, desain yang sederhana pun mampu mengangkat estetika desain. Sebagai pendukung desain, cukup hadirkan standing lamp dengan desain sleek, bantal-bantal pada sofa, ataupun rak mungil untuk meletakan berbagai keperluan. Usahakan agar dinding tak terlalu banyak dihiasi lukisan ataupun foto agar kesan lapang tetap terasa.

Multifungsi

Agar seluruh kebutuhan terpenuhi, siasati dengan menggunakan furnitur multifungsi. Misalnya, menggunakan sofa bed, tempat tidur yang bagian bawahnya tersedia rak untuk menyimpan berbagai barang, kursi lipat yang sekaligus bisa berfungsi sebagai meja untuk menyetrika, dan sebagainya. Dengan demikian kita bisa tetap hemat tempat tanpa harus menghadirkan banyak barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar