Kamis, 01 Januari 2015

Utopialiving

Kamar Mandi Sejuk dan Sehat

Original text by Bella Wiraniskata, diadaptasi By Kevin


Pernah tidak merasa malas masuk kamar mandi? Entah karena terasa panas dan pengap, gelap, atau berbau taksedap karena lembab. Kalau sudah begini, artinya anda harus meperhatikan ventilasi kamar mandi, jangan-jangan kurang atau bahkan tidak ada ventilasi.

Kalam memang masih memungkinkan, buatlah jendela atau skylight. Tak peduli berapa pun ukuran kamar mandi, ventilasi mutlak diperlukan. Ventilasi punya banyak kegunaan buat kamar mandi. Lewat ventilasi, udara akan dialirkan keluar-masuk sehingga kamar mandi selalu memperoleh udara segar. Jadi, kamar mandi tak akan terasa panas dan pengap lagi.

Tidak Cuma itu, jendela atau skylight juga berguna untuk memasukkan banyak cahaya matahari. Dengan demikian, kamar mandi selalu terang di siang hari. Cahaya matahari juga menjaga kamar mandi supaya hangat dan tidak lembab, jadi tidak ada lagi bau tak sedap.

Seperti halnya ruangan lain pada umumnya, keberadaan sebuah atau lebih jendela dapat menjadikan ruangan terasa lebih lega. Begitu juga halnya dnegan kamar mandi. Skylight menjadikan ruang terasa lebih tinggi karena bagian atasnya terbuka. Jendela pada dinding membuat ruang terasa lebar secara horizontal.

Manfaatkan kaca buram

Masalah bukaan di kamar mandi memang membuat dilemma. Perlu dibuat sirkulasi udara yang baik, tetapi tuntutan privasi yang tinggi membuatnya sulit dipenuhi. Ujung-ujungnya mala hdibuat tertutup lagi.

Wajar saja jika kamar mandi anda cenderung lembab. Sebab, umumnya ruangan ini dibuat tertutup agar privasi terjaga. Sementara itu, untuk menjaga kadar kelembaban ruangan diperlukan cahaya dan udara yang cukup. Hal itu bisa dicapai dengan membuat bukaan yagn memadai, misalnya jendela.

Bisakah membuat jendela di kamar mandi tanpa kehilangan privasi? Tentu bisa. Manfaatkan kaca buram sebagai solusinya.

Ada beberapa macam kaca buram yang bisa anda gunakan, misalnya jenis sandblast dan kaca es. Cara pembuatannya pun variatif. Kaca sandblast bis dibuat dengan menempel stiker, atau membuat lapisan permanen dengan memoleskan larutan magnesium sulfat di permukaan kaca. Sementara, kaca es dengan permukaan tidak rata didapat melalui proses pemanasan kaca.

Memanfaatkan material ini, anda tak perlu takut lagi membuat jendela di kamar mandi. Cahaya bisa tetap masuk, privasi pun tak terganggu. Pilihan jenis kaca ada di tangan anda. Yagn penting, ruangan tidak gelap lagi.

Lalu, bagaimana kalau sudah terlanjur membuat kamar mandi tanpa ventilasi, atau ventilasinya kurang? Kalau memang masih bisa, buatlah jendela pada dinding yagn langsung menghadap ke ruang luar. Jika tak mungkin, pasang exhaust fan untuk menyedot udara pengap kamar mandi.

Ingat, kamar mandi tak sehat bisa berpengaruh terhadap kesehatan seluruh rumah.

Ornament Kamar Mandi

Corak kain

Inilah salah satu keramik dengan corak kain di permukaannya, bernama Rajasthan. Ukurannya beragam, dari 150mmx150mm, 150mmx300mm hingga 300mmx300mm. motif di permukaan keramik ini diadaptasi dar ialat pencetak motif kain yagn digunakan di Rajasthan, India. Kermaik Rajasthan dapat dipasdang acak sesuai motif dan ukuran yang diinginkan. Ketebalan keramik dapat dipesan sesuai selera. Corak kain seperti tumbuhan dan hewan tampak mendominasi permukaannya. Rajasthan dapat digunak utnuk dinding karma mandi dengan tema natural. Warna yagn tampak seperti batu alam semakin menguatkan kesan alami.

Kebiasaan/daily habit dalam kamar mandi

Kohler menghadirkan invasi baru yang memungkinkan mandi di pancuran sembari tetap mendengarkan music. Hal itu dimungkinkan oleh Kohler Moxie yang dilengkapi perangkat Bluetooth yang menghadirkan music dalam shoer dengan speaker wireless yang terintergrasi dan bisa diisi ulang dan dipindahkan. Instalasi perangkat ini sangat cepat dan mudah ,sama seperti untuk showerhead standar. Nozzle dengan enam puluh sudut menghadirkan cakupan yang penuh dan luas. Control audio diatur melalui alat dengan perangkat Bluetooth yagn dudah di-pairing, seperti smartphone atau mp3 player.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar