Kamis, 03 Maret 2011

Hadirkan pepohonan di Lingkungan Rumah


Hadirkan pepohonan di Lingkungan Rumah


Oleh Kevin

Tumbuhan memiliki berbagai kegunaan yang tidak dapat disangkal lagi. Meskipun demikian, belum banyak yang memanfaatkan vegetasi ini untuk membangun lingkungan hunian yang nyaman. Padahal, menanam pohon termasuk upaya sederhana dan ekonomis yang dapat dilakukan setiap orang. Pada lingkungan hunian, fungsi pepohonan antara lain sebagai berikut:

1. Penurun Suhu

Hampir semua pohon merupakan penyuka sinar matahari. Sementara, di wilayah tropis ini, sinar matahari yang berlimpah terkadang mengganggu kenyamanan karena dapat meningkatkan suhu udara dalam rumah. Pohon merupakan solusi yang paling ramah lingkungan. Tanam pohon, terutama pohon perindang, di sekitar rumah dan suhu udara pun akan menjadi lebih sejuk.

2. Penyedia Oksigen

Dalam lingkungan rumah, fungsi pepohonan yang ini juga dapat dirasakan. Udara yang mengalir di bawah pohon akan terasa lebih segar, karena kandungan oksigennya lebih banyak. Sementara, unsur karbon dalam udara dapat diserap oleh pepohonan. Jika udara berkualitas ini yang mengalir ke rumah kita melalui jendela maupun pintu, hidup kita pun akan lebih sehat.

3. Peredam suara dan debu

Dengan menanam pepohonan di sekitar rumah, suara bising dari jalan pun akan di”tangkap” oleh daun-daun. Begitu pula debu dan partikel-partikel berbahaya lain di udara. Tanamlah pepohonan yang daunnya berbulu, karena ia akan lebih efektif menangkap debu.

4. Pengarah angin

Dengan adanya pepohonan di sekitar rumah, angin yang datang akan dapat diatur arahnya sesuai dengan keinginan kita dengan menanam pohon. Angin yang terlalu kencang menerpa rumah akan “dipecah” oleh pohon yang tinggi. Sebaliknya, jika kita membutuhkan angin, tanam deretan pepohonan dengan arah tertentu agar angin berhembus masuk ke dalam rumah.

Selamat menanam pohon, selamat menghijaukan ruamah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar