Jumat, 25 Maret 2011

Tirai, Perpaduan Fungsi dan Estetika




Tirai dan jendela adalah dua elemen yang saling berkaitan dalam sebuah rumah. Jendela memiliki fungsi untuk membantu sirkulasi udara lebih lancer, sebagai jalan masuk cahaya, dan sebagai sarana untuk melihat ke luar dan dalam ruangan. Sedangkan tirai lebih berfungsi untuk menciptakan privasi, melindungi ruangan dari hembusan angin, memberikan rasa hangat di dalam ruangan, mengurangi cahaya yang menyilaukan, dan melindungi furniture dari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

Saat ini fungsi tirai atau gorden tidak sekadar fungsi yang telah disebutkan, tetapi memiliki nilai tambah sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik ruangan sekaligus menambah nilai estetika rumah Anda.

Fokus lain dari Tirai adalah pada kegunaan dan keluwesan pemasangannya, sehingga masuknya cahaya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sesaat. Tirai yang tembus pandang hanya mampu melindungi penghuni rumah dari pandangan orang luar di siang hari. Karena itu, pada malam hari harus ditambahkan tirai yang tidak tembus pandang untuk ruangan yang langsung berhadapan dengan bagian luar rumah.

Bentuk tirai dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran jendela, tata ruang serta motif dari tirai. Bentuk, motif, dan warna tirai dapat mempengaruhi suasana atau membedakan jenis ruangan.

Kemudian, bagaimana memilih tirai yang menarik dan fungsional? Jenis tirai dapat disesuaikan dengan fungsi ruangannya, berikut beberapa contoh pengaplikasian tirai sesuai ruangan.

Jika tirai ditempatkan di ruang tamu, Anda dapat memakai bentuk tirai besar untuk ruangan yang berukuran luas. Sedangkan ruang tamu kecil dapat disiasati dengan penggunaan tirai jenis café, yaitu gorden yang bentuk dan modelnya tidak terlalu besar dan terkadang terbuat dari bahan transparan.

Besar kecilnya ukuran tirai di ruang tamu, disarankan memakai bahan berlapis, ada lapisan tebal pada bagian luar sebagai bagian utama dan dekoratif, dan lapisan tipis transparan di bagian luar. Pada siang hari, Anda dapat mengikat gorden tebal, dan membiarkan gordern tipis sebagai penyaring cahaya masuk. Warna dan motif ruangan ini sebaiknya dipilih dengan corak menarik dengan unsur warna cerah.

Beranjak ke kamar tidur, tempat ini merupakan tempat privasi dalam rumah. Sebaiknya tirai yang dipakai adalah yang mampu memantulkan cahaya sehingga bagian dalam ruangan tidak terlihat dari luar, serta tidak lupa untuk menyesuaikan dengan selera pribadi yang dapat membuat Anda nyaman berada di dalam ruangan itu. Warna tirai dapat disesuaikan dengan warna tembok, interior, wallpaper yang dominan di ruangan itu.[ HDG]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar