Jumat, 25 Maret 2011

Tirai | Curtains

Hadir mempermanis ruangan



By Kevin

Penempatan jendela pada tempat tinggal, memiliki peran penting. Akan tetapi, apalah artinya jika tampil seadanya, tanpa kehadiran ornamen lain yang terkait? Kehadiran tirai berguna melengkapi fungsi jendela sekaligus mempermanis ruangan di rumah anda.

Elemen dekoratif ini bermanfaat bagi ruangan, seperti menciptakan privasi, melindungi ruangan dari hembusan angin, dan memberikan rasa hangat di dalam ruangan. Sementara itu, tirai juga bisa mengurangi cahaya dari luar yang menyilaukan dan melindungi furniture dari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

Dengan sederet manfaatnya, lalu bagaimana cara praktis memilih dan menempatkan tirai? Anda tinggal menyesuaikan bentuk dan ukuran tirai dengan bentuk dan ukuran jendela plus konsep ruangan. Warna dan motif tirai dapat dipilih yang cocok dengan warna tembok, mau senada maupun kontras, bebas anda pilih.


Untuk tirai ruang tamu atau keluarga, pilihlah yang berukuran besar jika ruangan luas. Apabila ukuran ruangan kecil, anda dapat menyisiatinya dengan tirai jenis café. Inilah jenis tirai dengan bentuk dan ukuran medium yang memiliki beraneka motif dan warna. Bahkan, terkadang adda yang berbahan transparan.



Pilihan lainnya adalah memakai bahan berlapis. Lapisan tebal di bagian dalam tirai dan tipis transparan di bagian luar.

Menariknya, si tirai tebal bisa menjadi elemen utama nan dekoratif. Saat siang hari, anda dapat mengikat tirai tebal dan biarkan tirai tipis terjurai sebagai penyaring cahaya masuk.

Kini, beranjak ke kamar tidur. Sebaiknya pilihlah jenis tirai yang mampu memantulkan cahaya sehingga bagian dalam ruangan tidak terlihat dari luar. Sesuaikan warna dan motifnya dengan selera si penghuni kamar serta tetap memerhatikan kecocokan dengan warna tembok, interior, atau wall paper yang dominan di kamar tidur.

Menempatkan tirai tembus pandang di kamar tidur juga dapat menjadi pilihan. Karena selain melengkapi privasi penghuni kamar dari pandangan orang luar pada siang hari, tirai tersebut dapat membantu menyaring debu dari luar. Selamat berkreasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar